RANCANG BANGUN PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DARI MATERI PENGGUNAAN MOTOR LISTRIK DI UNIMED

Lumban Gaol, Maju and Tambunan, Hamonangan and Sriadhi (2011) RANCANG BANGUN PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DARI MATERI PENGGUNAAN MOTOR LISTRIK DI UNIMED. Project Report. FT UNIMED, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Medan (JPTE), sebagian besar metode pembelajaran yang dilakukan hanya berupa kuliah konvensional yaitu proses belajar mengajar yang mengandalkan tatap muka antara dosen dan mahasiswa. Seiring perkembangan teknologi pendidkan dan teknologi informasi dan komunikasi penggunaan komputer dan pemanfaatan jaringan Internet dapat digunakan sebagai sarana pendukung kegiatan pembelajaran yang memiliki sifat interaktif dan diharapkan mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komunikasi interaktif antara dosen, mahasiswa. Bahan belajar dirancang sebagai suatu media pembelajaran berbasis web yang dapat menjadi suplemen bagi pengembangan bahan ajar.Pembelajaran berbasis website muncul dalam pendidikan tinggi sebagai sarana untuk memberikan berbagai kesempatan pendidikan untuk komunikasi beragam individu. Pendidikan jarak jauh yang sukses diyakini berkisar sistem pembelajar berpusat instruksi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan individu peserta didik. Langkah pertama dalam mengembangkan sistem belajar yangberpusat pada instruksi berbasis web adalah untuk menentukan kebutuhan mahasiswa. Menilai kebutuhan mahasiswa menyediakan instruktur dengan informasi yang diperlukan untuk memilih teknologi tepat guna dan strategi instruksional untuk mengembangkan lingkungan belajar online yang tepat, responsif, dan bermanfaat untuk mahasiswa dan dosen. Tujuan akhir dari penelitian ini, adalah:Marancang bangun pembelajaran berbasis website sebagai sumber belajar dan materi kuliah penggunaan motor listrik pada mahasiswa JPTE UNIMED, (2) Membuat produk (prototype) dalam bentuk CD pembelajaran dalam bentuk website offline untuk pembelajaran dan materi kuliah penggunaan motor listrik. Maka, output dari penelitian tahap pertama, adalah: (1) Membuat analisis kebutuhan akan pembelajaran berbasis website dalam mata kuliah penggunaan motor listrik, (2) kompetensi mahasiswa dalam bidang penggunaan motor listrik di JPTE UNIMED yang berhubungan dengan dunia usaha dan industri, (3) Draf awal sistem teknologi website dalam pembelajaran dari mata kuliah penggunaan motor listrik, Hal ini adalah untuk rnemberikan arahan untuk mengevaluasi kebutunan siswa di web berbasis program pendidikan jarak jauh dengan mengidentifikasi area penilaian yang diperlukan dan menguraikan suatu proses untuk menilai kebutuhan mahasiswa hasil survei terhadap pembelajaran online dengan empat kategori pertanyaan yang diajukan, yaitu: Metode panyampaian, konten, Keterampilan dan Perasaan Dengan responders mahasiswa, guru SMK dan dosen JPTE UNIMED. Diperoleh, bahwa: Data dan survei menunjukkan bahwa hanya 14% dari responden lebih menyukai pendidikan sepenuhnya online, 25% mahasiswa memilih tatap muka secara langsung, 30% mahasiswa dengan aktivitas online yang lebih disukai dengan pertemuan kelas dan 31% dari responden lebih suka pertemuan tatap muka dengan pembelajaran online dan tugas.Dalam proses pembelajaran Penggunaan motor listrik berbasis website harus dapat memenuhi kebutuhan dasar dalam menunjang kegiatan pembelajaran Penggunaan motor listrik yaitu: (a) memenuhi pengelolaan data materi pembelajaran, (b) memenuhi dalam proses pembelajaran secara kontruktivis, (c) disajikan dengan materi pembelajaran yang interaktif, (d) dapat diunduh oleh mahasiswa, dan menampilkan materi dalam bentuk link (e) memenuhi dalam proses pembelajaran secara inkuiri, yang disajikan dengan adanya fasilitas pencarian (search) materi, sarana forum diskusi, dan kontribusi aktif (komentar) yang merupakan salah satu ciri dari web 2.0. (f) memenuhi dalam proses evaluasi sehingga dapat diketahui tingkat penguasaan mahasiswa terhadap materi pembelajaran, (g) materi dibuat dalam bentuk animasi dengan menggunakan macromedia flash, video dan teks.Bentuk desain sistem yang digunakan adalah: (a) Desain proses yang digambarkan melalui diagram alir (flowchart) dan diagram arus data (DAD). (b) Desain basis data yang digambarkan melalui Entity Relationship Diagram (ERD), (c) Desain antar muka yang dibuat dengan menggunakan GUI desainBerdasarkan analisa kebutuhan sesuai dengan kebutuhan dalam proses pembelajaran penggunaan motor listrik berbasis web, maka perancangan desain yang dibuat harus dapat memenuhi kebutuhan dalam: (a) . Pengelolaan data Tema, Topik, dan Sub Topik (b) Menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk tulisan, presentasi, dan link, Menampilkan media pembelajaran interaktif. (d) Pencarian materi (Search), (e) Menyediakan sarana diskusi antara guru dengan siswa dan antara siswa, (f) Menyediakan sarana bagi pengguna untuk rnemberikan kontribusi aktif yang merupakan salah satu ciri dari web 2.0, (g) Pengelolaan data latihan soal dan evaluasi. (h) Dari kegiatan desain dan analisa hasil desain pembelajaran penggunaan motor listrik berbasis web didapatkan, (i) Komponen-komponen yang membangun model-model diagram arus data dalam desain perancangan pembelajaran berbasis web telah sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan dasar dalam pembelajaran Penggunaan motor listrik berbasis web , (j) Desain antar muka yang dibuat sesuai dengan proses yang digambarkan dalam DAD dan sesuai dengan kebutuhan dalam pembelajeran Penggunaan motor listrik berbasis web, (k) Proses validasi atas potongan program (listing program) dibuat untuk mengetahui pembuatan program sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 621.31 Gao r
Keywords: Bahan ajar; Multimedia; Desain pembelajaran; Perangkat lunak; Pembelajaran berbasis website
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 07 Dec 2016 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19796

Actions (login required)

View Item
View Item