Simatupang, Zulkifli and Prastowo, Puji and Sari, Wina Dyah Puspita and Gultom, Tumiur and Aryeni (2008) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEL DAN BIOTEKNOLOGI PADA PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH. Project Report. FMIPA Unimed, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Selama bulan Maret s.d Oktober 2008 telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan: (1) Desain pembelajaran biologi khusus materi sel dan bioteknologi menggunakan media slide presentasi dan animasi biologi; (2) Retensi siswa terhadap konsep-konsep biologi setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan slide presentasi dan media animasi biologi dan (3) Peningkatan keterlibaian siswa dalam pembelajaran setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan slide presentasi dan animasi biologi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four-D Models), meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Uji coba perangkat dan media pembelajaran dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XI dan XII IPA MAN 1 Medan. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh, bahwa (1) Retensi siswa terhadap materi pelajaran biologi, khususnya di kelas XII IPA, materi pokok: Struktur Sel, Pembelahan Sel, Gametogenesis, dapat dilakukan dengan menggunakan media slide presentasi dan animasi biologi dengan desain sebagai berikut: (a) Pada orientasi dan persepsi guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa pada jawaban untuk mengawali pembelajaran dengan materi pokok (topik kajian) yang baru; (b) Guru menyampaikan acuan dan tujuan pembelajaran; (c) Pada, kegiatan inti guru mengajukan pertanyaan, melakukan pergiliran siswa untuk menjawab, menanggapi jawaban siswa, mengulang kembali jawaban siswa, dan mencatatkan jawaban siswa di papan tulis (d) Pertanyaan yang sulit untuk dijawab siswa, diarahkan guru dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan pengarah, (e) Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan pelajaran dengan mengajukan pertanyaan; (f) Penguatan/pemantapan konsep yang sudah diajarkan juga dilakukan dengan mengajukan pertanyaan; (g) Tugas di rumah juga disusun dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang mendorong siswa untuk menggunakan sumber-sumber belajar khususnya buku pelajaran yang dimilikinya; (2) Pembelajaran biologi dengan menggunakan media slide presentasi dam animasi biologi di kelas XII IPA dan XII IPA menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan clan mengajukan pertanyaan dan (3) Pembelajaran menggunakan media slide presentasi dan animasi biologi telah menghasilkan peningkatan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar hingga 88,4% dari jumlah siswa di kelas XI IPA dan 92,3% dari jumlah siswa di kelas XII IPA di sekolah uji coba (MAN 1 Medan).
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information: | 660.6 Sim p |
Keywords: | Motivasi belajar; Media pembelajaran; Mengajar; Bioteknologi; Sel; Animasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology T Technology > TP Chemical technology > TP248 Biotechnology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 19:17 |
Last Modified: | 07 Feb 2021 13:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19759 |