Hasairin, Ashar and Harsono, Tri and Idramsa and Suriani, Cicik (2008) STUDI KEBERADAAN TUMBUHAN SPERMATOPHYTA DI CAGAR ALAM SIBOLANGIT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR DAN MENELITI MAHASISWA BIOLOGI UNIMED. Project Report. FMIPA Unimed, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Pengajaran Taksonomi mengalami kendala pada kegiatan praktikum dan penelitian. Mahasiswa sulit memperoleh literatur dan spesimen contoh tumbuhan yang bermuatan lokal, Untuk itui perlu penelitian yang berutujuan untuk untuk mengembangkan buku pedoman praktikum dan penelitian dengan model jurnal praktikum didukung dengan koleksi spesimen tumbuhan, media slide, chart sesuai dengan kurikulum nasional yang mengandung muatan lokal Sumatera Utara dilengkapi dengan penguasaan konsep dan terminologi. Penelitian ini akan dapat menumbuhkan kemampuan sikap inovasi dan verifikasi mahasiswa terhadap pelaksanaan kegiatan pengajaran dan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di jurusan Biologi FMIPA UNIMED dan sekitar kawasan Cagar Alam Sibolangit, Sumatera Utara. Metode dilakukan berupa research development dengan teknik survey eksploratif terhadap buku pedoman praktikum dan model jurnal Taksonomi Tumbuhan. Evaluasi dilakukan dengan 3 cara, yaitu: 1) Evaluasi daya serap; berupa kemampuan belajar dan hasil belajar. 2) Evaluasi proses kegiatan; dilaksanakan pada saat kegiatan praktikum. 3) Evaluasi hasil kerja (produk) penelitian. Penilaian dilakukan melalui angket terhadap buku pedoman praktikum, model jurnal praktikum yang disediakan. Mahasiswa menilai dengan kriteria yaitu : a) kesesuain tema/topik praktikum; b) Kesesuaian deskripsi dan peristilahan; c) Keterbacaan (mudah dipahami); d) Kesesuaian gambar, illustrasi dengan materi; e) Kesesuaian alat evaluasi, latihan, tugas dengan materi; f) Desain buku pedoman praktikum (kriteria penampilan buku). Data dikumpul, ditabulasi dan dianalisis secara kualitatif, dideskripsi secara naratif. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase keberhasilan mengacu pada pendoman penilaian di Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi daya serap terhadap materi perkuliahan taksonomi tumbuhan terlihat peningkatan nilai pretes ke nilai postes dari nilai A, B dan C secara kumulatif 50,00 %, sedangkan kriteria nilai E mengalami penurunan dari pretes ke nilai postes secara kumulatif 27,77 %. Evaluasi daya serap dengan tugas mandiri kategori sangat kompeten dan kompeten lebih rendah sedikit dibandingkan dengan kategori cukup kompeten, terlihat bahwa kegiatan praktikum lebih baik dari pada latihan dan penyusunan makalah. Evaluasi proses kegiatan kategori nilai sangat kompeten (90 – 95) terlihat pada praktikum Deskripsi lanjutan; Deskripsi Gymnospermae lanjutan dan Kunci Determinasi Tumbuhan Lanjutan. Evaluasi proses kegiatan pelaksanaan praktikum keaktifan mahasiswa terlihat kekurangan yang menonjol pada aspek kemandirian, keberanian dan interaksi, sedangkan aspek kerajinan dan kerapian lebih baik. Evaluasi produk ditinjau dari hasil penilaian mahasiswa terhadap buku pedoman praktikum Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi mengatakan tema/topik, deskripsi, keterbacaan buku sudah baik dan sesuai dengan materi yang dipraktikumkan. Aspek yang masih kurang terlihat pada desain atau ketertarikan penampilan buku dan keseuaian alat evaluasi (latihan). Analisis kesulitan mahasiswa pada Materi pokok Alat hara Organum Nutritivum terlihat pada penentuan tipe-tipe alat hara sering ada keraguan, sedang pada materi pokok Alat Perkembangbiakan (Organ Repreroduktivum) Tumbuhan tidak dapat menentukan struktur bunga, buah dan biji serta penguasaan terminologi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information: | 582 Has s |
Keywords: | Praktikum; Botani sistematika; Taksonomi; Kompetensi; Tumbuhan; Spermatophyta |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QK Botany Q Science > QK Botany > QK474 Spermatophyta. Phanerogams |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 19:17 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19756 |