Hanum, Inayah and Rosmaini and Sinaga, Asmi Elfriana (2011) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FBS UNIMED. Project Report. FBS Unimed, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Mata kuliah Sosiolinguistik yang berbobot 2 SKS merupakan mata kuliah wajib yang harus diambi1 mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia pada semester VI (genap). Tujuan mata kuliah ini adalah membangan kompetensi pemakaian bahasa mahasiswa secara baik dan benar berdasarkan konteks, Metode perkuliahan yang berjalan selama ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dari penugasan (menyusun makalah dan mempresentasikan di depan kelas kemudian dikomentari oleh dosen dari rekan-rekan mahasiswa lainnya, secara praktis pelaksanaan perkuliahan setiap pertemuan mahasiswa diharapkan agar mengaplikasikan pemahamannya dengan berdiskusi. Namun, kenyataan dari pengamatan selama proses pembelajaran pada semester genap ini hanya sebagian kecil Mahasiswa yang terlibat dalam diskusi. dan Tanya jawab serta aplikasi terhadap perolehan hasil perkuliahan Bahkan, masih banyak ditemukan mahasiswa yang pasif, kurang terpantau keterlibatannya dalam berdiskusi menganalisis permasalahan serta mengambil simpulan materi perkuliahan. Salah satu topik yang akan diterapkan pada mata kuliah Sosiolinguistik Adalah alih kode dan campur kode. Dalam pemakaian bahasa, terutama dalamkhotbah atau ceramah alih kode dan campur kode ini sangat sering digunakan pembicara. Bukan berarti tidak ditemukan alih kode dari campur kode pada konteks yang lain namun untuk keperluan penelitian ini objek penelitian terfokus pada kegiatan khotbah dari ceramah. Untuk meningkatkan kualitas perkuliahan ini, digunakan juga media audio untuk melengkapi pengguaaan model jigsaw agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Vidio tersebut berisi wacana lisan berupa ceramah atau khotbah. Berdasarkan rekaman audio tersebut, mahasiswa secara berkelompok ditugasi menemukan alih kode dan campur kode dengan cara mengidentifikasi dan mengklasifikasikan data yang didengar/disimaknya. Untuk membuktikan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap alih kode dan campur kode maka dilakukanlah penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pertama, dilakukan test awal (pretest), sedangkan siklus I diajar dengan menerapkan pengembangan media audio dengan penggunaan model pembelajaran jigsaw. Jika hasil akhir kurang memuaskan maka dilanjutkan siklus II.Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah essay test dan observasi selama proses belajar mengajar di dalam kelas berlangsung, Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester genap 2010/2011 yang mengambil matakuliah Sosiolinguistik di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berjumlah 50 orang, dengan rincian 27 orang kelas reguler dan 23 orang kelas ekstensi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rumus Presentasi Penilaian Hasil (PPH) : PPH = Bx100% B: Skor yang diperoleh Presentasi Keturasan Klasikal (Pia) dihitung dengan rumus : PKK = Banyak mahasiswa yang PPH > 60% x 100%Banyak subjek penelitian. Dari analisis data diperolehan rata-rata awal 68,05 kemudian setelah dilakukan pernbelajaran pada siklus I diajar dengan menerapkan pengembangan media audio dengan penggunaan model pembelajaran jigsaw diperoleh nilai rata-rata 82,5 dan selanjutnya dilakukan lagi tes pada siklus II dengan diajar dengan menerapkan pengembangan media audio dengan penggunaan model pembelajaran jigsaw 93,7. Maka hasil yang diperoleh dan 50 mahasiswa siswa memiliki peningkatan sebesar 18% dikategorikan baik 80-89 dan 82% dikategorikan sangat baik karena mendapat nilai diatas 90 - 100.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Han p |
Keywords: | Sosiolinguistik; Model jigsaw; Model audio; Media pembelajaran; Kedwibahasaan; Campur kode; Alih kode; Ragam bahasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 19:17 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19732 |