Ichsan, Muhammad (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BELIEF SISWA ANTARA SISWA YANG DIBERI PMR DENGAN PBM DI SD N 1 TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA PROVINSI ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8146181018 Cover..pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2 NIM. 8146181018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3 NIM. 8146181018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4 NIM. 8146181018 Kata Pengantar..pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5 NIM. 8146181018 Daftar Isi..pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6 NIM. 8146181018 Daftar Tabel..pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7 NIM. 8146181018 Daftar Gambar..pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 NIM. 8146181018 Daftar Lampiran..pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9 NIM. 8146181018 BAB I..pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
13 NIM. 8146181018 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14 NIM. 8146181018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajarkan dengan PMR dan PBM; (2) perbedaan rata-rata peningkatan belief (keyakinan) siswa antara siswa yang diajarkan dengan PMR dan PBM; (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa antara yang diajarkan dengan PMR dan PBM; (4) peningkatan belief (keyakinan) siswa antara siswa yang diajarkan dengan PMR dan PBM. Penelitian berbentuk Pre Experimental Design dengan desain penilitian Two Group Pretest-Posttest. Intrumen dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan angket belief siswa. Adapun analisis data menggunakan uji-t dan gain score. Dari hasil penelitian menunnjukkan : (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah, siswa yang diajarkan dengan PMR lebih baik daripada dengan PBM, hal ini berdasarkan nilai thitung (=0,001) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif; (2) terdapat perbedaan belief (keyakinan) siswa, siswa yang diajarkan dengan PMR lebih baik daripada dengan PBM, hal ini berdasarkan nilai thitung(=0,001) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif; (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan PMR lebih tinggi dari PBM, hal ini berdasarkan gain score; (4) peningkatan belief (keyakinan) siswa yang diajarkan dengan PMR lebih tinggi dari PBM, hal ini berdasarkan gain score.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Ich p |
Keywords: | Pecahan; Pendekatan matematik realistik; Kemampuan pemecahan masalah; Belief siswa; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 07:01 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19685 |