Suharningsih (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE MIND MAPPING BERBASIS TEKS PADA SISWA KELAS 6 SD NEGERI 067248 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. SUHARNINGSIH, 8146181039 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. SUHARNINGSIH, 8146181039 LEMBARAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
3. SUHARNINGSIH, 8146181039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. SUHARNINGSIH, 8146181039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. SUHARNINGSIH, 8146181039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. SUHARNINGSIH, 8146181039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. SUHARNINGSIH, 8146181039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. SUHARNINGSIH, 8146181039DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. SUHARNINGSIH, 8146181039 BAB I.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
13. SUHARNINGSIH, 8146181039 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. SUHARNINGSIH, 8146181039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan berbicara siswa dengan penerapan metode Mind Mapping berbasis teks, (2) aktivitas kemampuan berbicara siswa meningkatkan kemampuan berbicara dengan penerapan metode Mind Mapping berbasis teks. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, karena penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggambarkan bagaimana suatu metode pembelajaran diterapkan dan bagaimana kemampuan yang diinginkan dapat dicapai. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas 6 SD Negeri 067248 Kecamatan Medan Marelan pada semester dua tahun pelajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 38 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan beberapa instrument, yaitu dokumentasi, observasi, dan tes berbicara. Dokumen untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan siswa dan menggambarkan suasana kelas secara konkret, digunakan berupa foto. Observasi dilakukan untuk memperoleh data mengenai aktivitas siswa dan aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung dengan cara memberikan tugas kepada siswa untuk berbicara berdasarkan mind mapping berbasis teks yang telah diamati pada setiap siklusnya. Tujuan tes tersebut bertujuan untuk mengukur kemampuan berbicara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berbicara siswa dengan penerapan metode mind mapping berbasis teks mengalami peningakatan, dan (2) aktivitas siswa dengan menggunakan metode mind mapping berbasis teks mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Suh p |
Keywords: | Kemampuan berbicara; Metode mind mapping berbasis teks; Berbasis teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 06:49 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19681 |