Sembiring, Winda Astuti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS KOLABORATIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 023972 TP. 2015-2016. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146181051 COVER.pdf - Published Version
Download (0B)
2. NIM. 8146181051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM. 8146181051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (0B)
4. NIM. 8146181051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (0B)
5. NIM. 8146181051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (0B)
6. NIM. 8146181051 TABLES.pdf - Published Version
Download (0B)
7. NIM. 8146181051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (0B)
8. NIM. 8146181051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (0B)
9. NIM. 8146181051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (0B)
13. NIM. 8146181051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (0B)
14. NIM. 8146181051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis. (1) Pengaruh yang lebih baik antara hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri berbasis kolaboratif dengan siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction, (2) Pengaruh yang lebih baik antara hasil belajar IPA siswa yang memiliki berpikir kritis tinggi dan siswa yang memiliki berpikir kritis rendah. (3) interaksi antara model pembelajaran dengan berpikir kritis dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 023972 Kota Binjai. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling class. Setelah dilakukan pemilihan kelas dengan ingin melihat tujuan daripada ingin melihat penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis kolaboratif. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri berbasis kolaboratif dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes hasil belajar IPA, dan lembar angket keterampilan berpikir kritis belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis kolaboratif berbeda secara signifikan dan lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran direct instruction. 2) Siswa dengan keterampilan berpikir kritis tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa dengan berpikir kritis rendah. 3) Dalam penelitian ini terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri berbasis kolaboratif dan tingkat berpikir kritis dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sem p |
Keywords: | Hasil belajar; Inkuiri kolaboratif; Keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 06:38 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19672 |