Pratiwi, Dewi (2016) PENGEMBANGAN LKS MATERI PECAHAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V SD DI KEC. TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.
1. DEWI PRATIWI 8126182008 Cover tesis.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. DEWI PRATIWI 8126182008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. DEWI PRATIWI 8126182008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. DEWI PRATIWI 8126182008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. DEWI PRATIWI 8126182008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. DEWI PRATIWI 8126182008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. DEWI PRATIWI 8126182008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. DEWI PRATIWI 8126182008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. DEWI PRATIWI 8126182008 BAB I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
13. DEWI PRATIWI 8126182008 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. DEWI PRATIWI 8126182008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Peningkatan hasil belajar matematika berbasis pendekatan kontekstual dengan LKS materi pecahan yang dikembangkan di kelas V SD. (2). Keefektifan LKS materi pecahan yang dikembangkan berbasis pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD. (3). Respon siswa terhadap LKS materi pecahan yang dikembangkan berbasis pendekatan kontekstual di kelas V SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No 050733 Tanjung Pura yang berjumlah 10 siswa sebagai ujicoba I, siswa kelas V SD No 054933 Pekubuan untuk uji coba II yang berjumlah 26 siswa dan siswa kelas V SD No 050725 Tanjung Pura yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas penerapan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan modifikasi Dick and Carey. Model ini terdiri dari beberapa tahapan yakni: melakukan analisis kebutuhan siswa, perencanaan, mendesain pengembangan, menyusun tes acuan berdasarkan tujuan pembelajaran, pengembangan LKS, validasi ahli, revisi dan uji coba produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD sebanyak 62 siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket respon siswa dan respon guru. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). LKS yang dikembangkan valid dalam kategori sangat layak dengan persentase 87%. (2). Respon siswa pada uji coba skala I dan uji coba II terhadap LKS yang dikembangkan dalam kategori sangat baik yakni 76% dan 90,4%. (3). Uji keefektifan produk diperoleh bahwa LKS efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Pra p |
Keywords: | Pengembangan; LKS; Pecahan; Matematika; Pendekatan; Kontekstual; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 02:21 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19671 |