Siregar, Mariana (2016) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BIOLOGI SMA SE- KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174025 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM. 8146174025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
3. NIM. 8146174025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 8146174025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB)
5. NIM. 8146174025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (182kB)
6. NIM. 8146174025 TABLES.pdf - Published Version
Download (182kB)
7. NIM. 8146174025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB)
8. NIM. 8146174025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB)
9. NIM. 8146174025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
13. NIM. 8146174025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM. 8146174025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) kompetensi pedagogik; (2) profesional guru dalam pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) (3) persentase SKL biologi; (4) faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik dalam pencapaian SKL. Sebanyak 34 orang guru yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, lembar penilaian RPP, angket guru dan test sesuai dengan SKL. Dalam penelitian ini data dianalisis secara deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP 11 orang (32,35%) sangat baik, 23 orang (67,65%) baik dan nilai rata-rata 80,32 pada kategori baik. Pelaksanaan pembelajaran 14 orang (41,18%) sangat baik dan 20 orang (58,82%) baik nilai rata-rata 80,68 dengan kategori baik. Kompetensi profesional guru biologi dalam pencapaian SKL 25 orang (73,5%) sangat baik, 7 orang (20,59%) baik dan 2 orang (5,88%) cukup baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru dalam pencapaian SKL secara signifikan berpengaruh terhadap tingkat latar belakang pendidikan dengan penyusunan RPP sebesar 0,037, frekuensi penerimaan sertifikasi dengan penyusunan RPP sebesar 0,025. Frekuensi mengikuti kegiatan MGMP dengan pelaksanaan pembelajaran sebesar 0,012. Pengalaman kerja dengan pencapaian SKL sebesar 0,001 dan frekuensi penerimaan sertifikasi dengan pencapaian SKL sebesar 0,008.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.7 Sir a |
Keywords: | Guru biologi; Kompetensi pedagogik; Kompetensi profesional; Faktor-faktor kompetensi; Kompetensi guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1805 State teachers colleges L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 04:23 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19538 |