Dayanti, Elsa Bunga (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI SMA NEGERI 1 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146173005 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM 8146173005 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM 8146173005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM 8146173005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 8146173005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 8146173005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 8146173005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8146173005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 8146173005 BAB I.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
13. NIM 8146173005 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM 8146173005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan group investigation terhadap: (1) hasil belajar; (2) kemampuan berpikir kreatif; dan (3) kemampuan memecahkan masalah pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Muara Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan penelitian pretest-postest control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Pada kelas XI IPA3 diterapkan model pembelajaran berbasis masalah, kelas XI IPA1 diterapkan model group investigation, dan kelas XI IPA2 diterapkan model pembelajaran konvensional (kontrol). Soal pilihan ganda digunakan untuk mengukur hasil belajar, sedangkan tes kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah berbentuk soal essay. Teknik analisis data menggunakan Analisis Covarian (Anacova) pada taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Tukey dengan bantuan software SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa (F=14,183, P= 0,000). Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan berbeda dengan siswa yang dibelajarkan dengan model group investigation dan konvensional; (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa (F=12,030, P= 0,000). Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah tidak berbeda secara signifikan dengan model group investigation akan tetapi berbeda signifikan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajara konvensional; dan (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa (F= 25,898, P= 0,000). Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan berbeda dengan siswa yang dibelajarkan dengan model group investigation dan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah cenderung lebih baik dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan memecahkan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.307 12 Day p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Group investigation; Hasil belajar; Kemampuan berpikir kreatif; Kemampuan memecahkan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 03:39 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19535 |