Muliana, Sri (2016) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS BERITA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SELESAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2121111015 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 2121111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
3. NIM. 2121111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 2121111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 2121111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6. NIM. 2121111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM. 2121111015 TABLES.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
8. NIM. 2121111015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 2121111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM. 2121111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 2121111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan
menganalisis teks berita dan kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Selesai tahun pembelajaran 2015/2016. Populasinya adalah seluruh
siswa kelas VIII yang berjumlah 311 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak
36 orang. Dari pengolahan data, diperoleh hasil kemampuan menganalisis teks
berita dengan nilai rata-rata = 66,69 dan standar deviasi = 11,69. Nilai tersebut
tergolong dalam kategori sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang,
yakni 16,6% untuk kategori sangat baik, 25,0% untuk kategori baik, 33,3% untuk
kategori cukup, 13,9% untuk kategori kurang, dan 11,2% untuk kategori sangat
kurang. Hasil kemampuan menulis teks berita dengan rata-rata = 73,55 dan
standar deviasi = 9,76. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat baik, baik,
cukup, kurang, dan sangat kurang, yakni 36,1% untuk kategori sangat baik,
38,9%, untuk kategori baik, 13,8%, untuk kategori cukup, 11,2% untuk kategori
kurang, dan tidak ada atau 0% untuk kategori sangat kurang. Dari uji normalitas
data hasil kemampuan menganalisis teks berita dan kemampuan menulis teks
berita, menunjukkan bahwa kedua hasil berdistribusi normal. Dalam uji linieritas
data penelitian tersebut juga dinyatakan linier. Setelah melakukan uji normalitas
dan uji linieritas maka dilakukan pengujian hipotesis. Untuk mengetahui tingkat
hubungan variabel X dan Y digunakan rumus korelasi Product Moment (rxy) dari
Carl Pearson. Diperoleh harga rxy = 0,681 yang lebih besar dari harga r pada tabel
product moment pada taraf signifikansi 5% (0,329). Dengan persyaratan rxy > rtabel
= (0,681 > 0,329) maka hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada
hubungan yang signifikan antara kemampuan menganalisis teks berita dan
kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selesai tahun
pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 058 |
Keywords: | Analisis Teks Berita; Menulis; Berita. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 02:43 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19526 |