Syahrina, Alfi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK NOVEL REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL WASHLIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 2123311002 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
02 NIM 2123311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
03 NIM 2123311002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
04 NIM 2123311002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
05 NIM 2123311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
06 NIM 2123311002 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07 NIM 2123311002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
08 NIM 2123311002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
12 NIM 2123311002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
13 NIM 2123311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh kemampuan memahami unsur
intrinsik novel remaja siswa sebelum dan sesudah menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) serta memperoleh
pengaruh yang diberikan model pembelajaran tersebut terhadap hasil kemampuan
siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al
Washliyah 1 Medan. Lalu dipilih sampel penelitian sebagai perwakilan yang
diambil menggunakan teknik random sampling. Maka terpilihlah kelas VIII-1
yang berjumlah 34 orang sebagai sampel penelitian. Metode atau cara yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model One
Group Pre-Test and Post-Test Design. Hasil yang diperoleh siswa adalah berupa
pre-test dan post-test. Pre-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal
siswa dalam memahami unsur intrinsik novel remaja sebelum menggunakan
model pembelajaran NHT, yaitu memperoleh hasil nilai rata-rata 67,94 dan
termasuk dalam kategori cukup. Lalu post-test dilakukan untuk mengetahui
kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran NHT, yaitu
memperoleh hasil nilai rata-rata 77,50 dan termasuk dalam kategori sangat baik.
Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu 3,95 > 2,03 maka dapat
membuktikan bahwa hipotesis alternatif ( diterima, sehingga dapat
disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
(NHT) terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan
memahami unsur intrinsik novel remaja pada siswa kelas VIII SMP Al Washiyah
1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 068 |
Keywords: | Kooperatif; Intrinsik; Novel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 07:38 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19499 |