PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Situmorang,, Ira Novita (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 2123111032 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 2123111032 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 2123111032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM 2123111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 2123111032 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03 NIM 2123111032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 2123111032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM 2123111032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 2123111032 TABLES OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM 2123111032 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 2123111032 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM 2123111032 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 2123111032 TABLES OF ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
07 NIM 2123111032 TABLES OF ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 2123111032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08 NIM 2123111032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM 2123111032 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12 NIM 2123111032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 2123111032 BIBLIOGRAFHY.pdf]
Preview
Text
13 NIM 2123111032 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery
learning terhadap kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun
Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 449 orang siswa. Sampel diambil secara
acak kelas yaitu kelas VII-10 yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah
pilihan berganda.
Pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi teks
eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi tahun pembelajaran
2015/2016 sebelum penerapan model discovery learning (pre-test) termasuk ke
dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 62,87, standard deviasi = 11,72
sedangkan kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi setelah penerapan model
discovery learning (post-test) masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata
78,25, standar deviasi = 10,15. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat
kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel
penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan
homogenitas, didapatlah t0 sebesar 5,70. Selanjutnya setelah t0 diketahui,
kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df= N-
1= 40-1 = 39 dari df = 40 diperoleh taraf signifikasi 5% = 2,02, karena t0 yang
diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,70 > 2,02, maka hipotesis penelitian (Ha)
diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat taraf signifikansi atas penerapan
model discovery learning terhadap kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi
oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran
2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 067
Keywords: Model Discovery Learning; Teks Eksplanasi;Guru dan Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:29
Last Modified: 13 Sep 2016 07:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19497

Actions (login required)

View Item
View Item