Situmorang,, Ira Novita (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 2123111032 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
02 NIM 2123111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03 NIM 2123111032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
04 NIM 2123111032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
05 NIM 2123111032 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
06 NIM 2123111032 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07 NIM 2123111032 TABLES OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08 NIM 2123111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
12 NIM 2123111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13 NIM 2123111032 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery
learning terhadap kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun
Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 449 orang siswa. Sampel diambil secara
acak kelas yaitu kelas VII-10 yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah
pilihan berganda.
Pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi teks
eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi tahun pembelajaran
2015/2016 sebelum penerapan model discovery learning (pre-test) termasuk ke
dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 62,87, standard deviasi = 11,72
sedangkan kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi setelah penerapan model
discovery learning (post-test) masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata
78,25, standar deviasi = 10,15. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat
kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel
penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan
homogenitas, didapatlah t0 sebesar 5,70. Selanjutnya setelah t0 diketahui,
kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df= N-
1= 40-1 = 39 dari df = 40 diperoleh taraf signifikasi 5% = 2,02, karena t0 yang
diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,70 > 2,02, maka hipotesis penelitian (Ha)
diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat taraf signifikansi atas penerapan
model discovery learning terhadap kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi
oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 067 |
Keywords: | Model Discovery Learning; Teks Eksplanasi;Guru dan Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 07:29 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19497 |