HUBUNGAN PENGUASAAN KOHESI DAN KOHERENSI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/20016

Nasution, Fitri Anriani (2016) HUBUNGAN PENGUASAAN KOHESI DAN KOHERENSI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/20016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM-2123311031-COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM-2123311031-COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM-2123311031-APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM-2123311031-APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM-2123311031-ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM-2123311031-ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM-2123311031-PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM-2123311031-PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM-2123311031-TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM-2123311031-TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM-2123311031-TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM-2123311031-TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM-2123311031-APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM-2123311031-APPENDICES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM-2123311031-CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM-2123311031-CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM-2123311031-CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM-2123311031-CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM-2123311031-BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM-2123311031-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penguasaan kohesi dan koherensi dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 318 siswa. Dari 318 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 40 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional (ex post facto). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes objektif pilihan berganda serta tes uraian.
Dari pengolahan data diperoleh hasil penguasan kohesi dengan rata-rata 83,5 dan standar deviasi = 8,61. Hasil penguasaan koherensi dengan rata-rata 80,25 dan standar deviasi 8,62. Pada hasil kemampuan menulis paragraf argumentasi diperoleh rata-rata 74,75 dan standar deviasi 11,32. Dari uji normalitas data hasil penguasaan kohesi dan koherensi serta kemampuan menulis paragraf argumentasi didapat ketiga data berdistribusi normal. Selanjutnya, pada uji linieritas data penelitian tersebut juga dinyatakan linier. Setelah melakukan uji persyaratan, yaitu uji normalitas dan uji linieritas maka dilakukan uji hipotesis. Untuk mengetahui tingkat hubungan variabel X1, X2, dan Y digunakan rumus product moment. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka hubungan antara penguasaan kohesi dan koherensi dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi diperoleh rhitung = 0,794 yang lebih besar dari rtabel =0,312 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka rhitung > rtabel (0,794 > 0,312) sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kohesi dan koherensi dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 106
Keywords: Penguasaan Kohesi; Koherensi; Menulis Paragraf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 04:39
Last Modified: 13 Sep 2016 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19479

Actions (login required)

View Item
View Item