Sitinjak, Twentyna Fivebrin (2016) PENGARUH MEDIA GAMBAR GRAFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123111083 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 2123111083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
3. NIM. 2123111083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. NIM. 2123111083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 2123111083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 2123111083 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 2123111083 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2123111083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
12. NIM. 2123111083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 2123111083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar grafik terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Swasta Gajag Mada Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 61 siswa. Dari 61 siswa, ditetapkan 30 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis paragraf argumentasi sebelum menggunakan media gambar grafik masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 59,5 sedangkan setelah diadakan perlakuan media termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,17. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 9,94 > 2,04 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media gambar grafik berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- IND 107 |
Keywords: | Media Gambar Grafik; Paragraf Argumentasi; SMA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 04:24 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19476 |