Sriadhi (2010) PEMBELAJARAN EKONOMI TEKNIK BERBASIS LIFE-SKILLS. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 12 (03). pp. 19-25. ISSN 0854-7468
Fulltext.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada penerapan pembelajaran Ekonomi Teknik berbasis life-skills sebagai upaya
meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Pendekatan yang digunakan adalah class room action research. Proses pembelajaran dibagi dalam tiga tahapan yaitu (1) persiapan, (2) pelaksanaan,observasi dan evaluasi; (3) analisis dan refleksi. Kelemahan pembelajaran dianalisis pada akhir tahapan kemudian dilakukan replanning untuk perbaikan siklus selanjutnya. Hasil penelitian menemukan model pembelajaran ini mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dari base line, seperti capaian nilai A dari 7,39% menjadi 30,77%, mahasiswa yang gagal dapat ditekan dari 14,09 % menjadi 7,69 % dan kenaikan indeks prestasi untuk mata kuliah ini dari 2,64 menjadi 2,97. Hambatan utama yang dihadapi mahasiswa adalah kurangnya referensi dan kurangnya durasi waktu perkuliahan tatap muka. Mempertimbangkan urgensi dan besarnya kontribusi mata kuliah ini, sebaiknya bobot mata kuliah ditingkatkan dari 2 sks menjadi 3 sks.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Life skills; Hasil belajar; Siklus; Metode pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 10:21 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 10:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19448 |