PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Sriadhi (2010) PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Perspektif, 03 (01). pp. 32-39. ISSN 2085-0328

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ingin membuktikan penerapan strategi kognitif terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa khususnya dalam mata kuliah Operation Research. Terbukti melalui penelitian eksperimen ini menemukan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan strategi kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Pada taraf α = 5% hal tersebut sangat signifikan. Selain itu, strategi rehearsal merupakan strategi yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa, sedangkan strategi metacognitive dan affective hanya digunakan oleh sebagian kecil mahasiswa. Selain itu, upaya peningkatan hasil belajar harus tertumpu kepada aktivitas belajar mahasiswa dan bukan semata-mata kepada aktivitas mengajar dosen. Oleh sebab itu penentu utama hasil belajar mahasiswa adalah efektif tidaknya aktivitas belajar yang dilakukannya.

Item Type: Article
Keywords: Strategi kognitif; Prestasi belajar; Strategi pembelajaran; Aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Sep 2016 10:14
Last Modified: 09 Sep 2016 10:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19445

Actions (login required)

View Item
View Item