PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Daulay, Tity Wahyuni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2123111080 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2123111080 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2123111080 APPROVA SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2123111080 APPROVA SHEET.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2123111080 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2123111080 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2123111080 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2123111080 PREFACE.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2123111080 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2123111080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2123111080 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2123111080 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2123111080 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2123111080 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2123111080 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2123111080 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2123111080 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2123111080 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2123111080 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2123111080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak yang berjumlah 196 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak, diperoleh sampel yaitu kelas VIII-C yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilakukan pada satu kelas saja.
Distribusi data yang diperoleh rata-rata pre-test sebesar 65,97 dengan standar deviasi 10,02 sedangkan rata-rata post-test sebesar 81,67 dengan standar deviasi 9,25. Hasil perhitungan uji normalitas data pre-test diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel = 0,161. Data tersebut berdistribusi normal dengan ( 0,161). Data post-test diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel = 0,161. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa ( 0,161). Hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,17 sedangkan Ftabel = 1,84 untuk = 0,05, dk= 30 orang. Ternyata, Fhitung Ftabel yakni 1,17 1,84. Hal ini membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 6,23 sedangkan ttabel = 2,04. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,23 2,04. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran cooperative script berpengaruh siginifikan terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Tahun Pembelajaran 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 133
Keywords: Model Pembelajaran; Model Pembelajaran Cooperative Script; Menulis Teks Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Sep 2016 09:35
Last Modified: 09 Sep 2016 09:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19441

Actions (login required)

View Item
View Item