Tarigan, Nurhajijah (2016) HUBUNGAN PEMAHAMAN POLA PENALARAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123311058 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM 2123311058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
3. NIM 2123311058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM 2123311058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM 2123311058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 2123311058 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 2123311058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 2123311058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 2123311058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
13. NIM 2123311058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 2123311058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis paragraf persuasi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016, yang berjumlah 32 orang. Tujuan sampel penelitian adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 795 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi Korelasional.
Data pemahaman pola penalaran dan kemampuan menulis paragraf persuasi siswa dijaring dengan mengunakan tes pemahaman pola penalaran dan tes kemampuan menulis paragraf persuasi yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan pemahaman yaitu Uji normalitas dan Uji linearitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal.
Hasil penelitian mengunakan bahwa dari daftar distribusi – t, untuk dk = 30, diperoleh harga t tabel = 1.70 pada p = 0.05. Jadi, ternyata t hitung > t tabel, yaitu 21.076 > 1.70. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha yang menyatakan bahwa terdapat hubungan pemahaman pola penalaran dengan kemampuan menulis paragraf persuasi, diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa taraf signifikansi
0.05 terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman pola penalaran dengan kemampuan menulis paragraf persuasi kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Hubungan pemahaman pola penalaran terhadap kemampuan menulis paragraf persuasi dapat pula diketahui dengan menghintung koefisien determinasinya. Dalam hal ini, koefisien determinasi = (r²) = (0.74)² = 0. 55. Hal ini berarti bahwa cukup besar hubungan pemahaman pola penalaran siswa terhadap kemampuan menulis paragraf persuasi mereka adalah 55%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 100 |
Keywords: | Penalaran; Menulis Paragraf Persuasi;Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 07:27 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19431 |