Afriani,, Yulinda (2016) HUBUNGAN MINAT TULIS DAN MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 2122111023 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. 2122111023 PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
3. 2122111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. 2122111023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. 2122111023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. 2122111023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. 2122111023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. 2122111023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. 2122111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
10. 2122111023 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
14. 2122111023 BAB V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
15. 2122111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
17. 2122111023 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) minat tulis
dengan kemampuan menulis cerpen; (2) minat baca dengan kemampuan menulis
cerpen; serta (3) minat tulis dan minat baca secara bersama-sama dengan
kemampuan menulis cerpen.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat. Metode
yang digunakan adalah metode survei melalui pendekatan studi korelasional.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat,
sedangkan sampelnya berjumlah 40 orang berasal dari kelas X-1 SMA Swasta
Persiapan Stabat. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan
menulis cerpen, angket minat menulis dan minat membaca. Teknik analisis yang
digunakan adalah regresi (sederhana/ganda) dan korelasi (sederhana/ ganda).
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara minat
menulis dengan kemampuan menulis cerpen, dengan perolehan melalui garis regresi
linear sederhana ̂ . Hasil uji t menunjukkan thitung 3,79 yang lebih
besar dari ttab sebesar 2,68 sehingga dinyatakan signifikan; (2) ada hubungan positif
antara minat membaca dengan kemampuan menulis cerpen, dengan perolehan
melalui garis regresi linear sederhana ̂ . Hasil uji t menunjukkan
thitung 4,48 yang lebih besar dari ttab sebesar 2,68 sehingga dinyatakan signifikan; dan
(3) ada hubungan positif antara minat menulis dan minat membaca secara bersamasama
dengan kemampuan menulis cerpen, dengan perolehan melalui garis regresi
linear ganda ̂ . Hasil uji F menunjukkan F0 sebesar
377,4 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3,269 sehingga dinyatakan signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis
menulis cerpen ditentukan oleh minat tulis dan minat baca. Oleh karena itu, dalam
upaya meningkatkan kemampuan menulis cerpen, disarankan kepada guru Bahasa
Indoensia untuk memperhatikan kedua aspek tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 094 |
Keywords: | Minat Tulis; Minat Baca; Kemampuan Menulis Cerpen. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 04:48 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19426 |