Pratiwi, Putri Carlina (2016) PERAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123311040 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 3123311040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. NIM. 3123311040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM. 3123311040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM. 3123311040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 3123311040 ILLUSTRATION .pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 3123311040 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 3123311040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 3123311040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM. 3123311040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 3123311040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peran motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 11 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMAN 11 Medan yang berjumlah 100 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah menggunakan total sampling atau sampel total. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa, diambil dari seluruh siswa dari jumlah populasi. Metode yang digunakan adalah metode campuran dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dilapangan mengenai peran motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan adalah tergolong tinggi dan dilihat dari daftar nilai siswa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn meningkat. Dimana nilai siswa persemester mencapai rata-rata dengan nilai 80-85 dari nilai 70-75 disetiap kelasnya, yaitu kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3. Penelitian ini membuktikan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa. Pemberian motivasi belajar yang baik akan menghasilkan kegiatan atau aktivitas belajar anak yang lebih baik pula. Kegiatan belajar seseorang dipengaruhi juga selain faktor pemberian motivasi dari orang tua, guru, lingkungan dan lain sebagainya, motivasi juga bisa timbul dalam diri siswa itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKn 023 |
Keywords: | Motivasi;Siswa;IPS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 07:21 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19420 |