Tindaon, Ririn Meldiana (2016) PERAN GURU PPKn MENINGKATKAN ETIKA DAN MORAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMKN 1 DOLOK MASIHUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ( STUDI KASUS : KELAS X-TITL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123111069 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 3123111069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
3. NIM. 3123111069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 3123111069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
5. NIM. 3123111069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 3123111069 TABLES.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
7. NIM. 3123111069 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 3123111069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
12. NIM. 3123111069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 3123111069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru PPKn meningkatkan etika dan moral dalam membentuk karakter siswa di SMKN 1 Dolok Masihul Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Adapun alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Dolok Masihul yang berjumlah 230 orang dan sampel yang digunakan adalah 15 % dari jumlah populasi yaitu sebanyak 35 orang di kelas X-TITL, yang ditetapkan dengan acak sederhana ( random sampling) dan untuk mengetahui analisis data yang terkumpul penulis menggunakan tabel frekuensi dengan menggunakan rumus statistik sederhana (persentase).
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam meningkatkan etika dan moral mempengaruhi pembentukan karakter siswa yaitu terdapat 68,57 % jawaban responden yang mengatakan bahwa guru PPKn sangat berperan dalam meningkatkan etika dan moral. Dan berdasarkan penelitian ini pula, didapat hasil 51,60 % jawaban responden yang mengatakan bahwa guru telah menanamkan karakter siswa seperti yang telah diuraikan dalam angket yang disebarkan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa tersebut menjadikan guru PPKn sebagai teladan mereka dalam bertingkah laku melalui etika dan moral yang diajarkan kepada mereka. Etika dan moral yang mereka dapatkan menjadi tolok ukur dalam pembentukan karakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PK 055 |
Keywords: | Guru;;Etika Dan Moral;Karakter Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 06:59 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19416 |