Silalahi,, Asnidar (2016) PEMBINAAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PKn DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIMANINDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3121111001 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 3121111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM. 3121111001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 3121111001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM. 3121111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 3121111001 TABLES.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
7. NIM. 3121111001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3121111001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
12. NIM. 3121111001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 3121111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pembelajaran PPKn
dalam membina karakter siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Simanindo Tahun
Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kuantitatif, yaitu pengukuran data melalui perhitungan ilmiah berasal
dari sampel orang-orang yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan untuk
menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka. Alat pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, penyebaran
angket dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X (sepuluh) SMA Negeri 1 Simanindo yang berjumlah 216 orang dan
sampel yang digunakan 15 % dari jumlah populasi siswa yaitu 32 orang siswa.
Pengambilan sampel ditetapkan secara acak sederhana (random sampling) dan
untuk mengetahui analisis data yang terkumpul penulis menggunakan tabel
frekuensi dengan menggunakan rumus statistik sederhana (persentase).
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berperan dalam pembinaan karakter
siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil angket penelitian terhadap siswa dan
wawancara dari guru Pendidikan Pancasil dan KewarganegaraanSMA N 1
Simanindo. Siswa tersebut sudah mengetahui dan menjadikannya sebagai
pengendalian diri dari setiap tindakan dan perbuatannya. Terlihat pada sikap dan
tingkah laku serta mematuhi segala peraturan dan tata tertib yang ada di sekolah
serta bersikap dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKn 010 |
Keywords: | Pembinaan Karakter;PKn;Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 04:34 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19411 |