Simbolon., Inti Ladi (2016) PERAN GMNI DALAM MELAKUKAN PENDIDIKAN POLITIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN POLITIK MAHASISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123111033 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 3123111033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM. 3123111033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM. 3123111033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 3123111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 3123111033 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 3123111033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 3123111033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
12. NIM. 3123111033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM. 3123111033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran sebuah organisasi kemahasiswaan dalam memberikan pendidikan politik sebagai upaya meningkatkan pemahaman politik mahasiswa. Dalam hal ini yang diteliti adalah organisasi kemahasiswaan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI UNIMED).
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota tetap organisasi yang berjumlah 132 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 orang dengan mengambil 25 % dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan penyebaran angket.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa GMNI sebagai organisasi kemahasiswaan berperan (66,15%) dalam melakukan pendidikan politik guna meningkatkan pemahaman politik mahasiswa, hal ini ditandai dari mahasiswa yang tergabung dalam organisasi GMNI sudah lebih memahami makna politik yang sebenarnya karena mahasiswa selalu mendapat pendidikan politik, hal ini berdasarkan indikator pemahaman mahasiswa akan makna atau konsep politik serta keaktifan mengikuti perkembangsan isu politik (72,70%), proses pendidikan politik yang diterima oleh mahasiswa (51,51%), serta proses pendidikan politik yang diterima oleh mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan (74,23%). Dalam organisasi GMNI, mahasiswa dapat berlatih untuk berpolitik dan berperan secara langsung. Mahasiswa bisa mengetahui kejadian-kejadian politik di lingkungannya masing-masing, tahu bagaimana cara berkomunikasi dan berargumen dengan baik dan benar di depan umum, tahu bagaimana cara menyampaikan pendapat, gagasan muapun aspirasi. Selain itu juga, pendidikan politik di organisasi kemahasiswaan GMNI ditandai melaui proses pendidikan informal yang berkaitan dengan tema kepemimpinan dan kebangsaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKn 027 |
Keywords: | Mahasiswa; Pendidikan Politik; Pemahaman Politik |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 03:17 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19399 |