Manurung, Nurul Auni (2016) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3121111006. COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 3121111006. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 3121111006. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM. 3121111006. PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 3121111006. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 3121111006. TABLES.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
7. NIM. 3121111006. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM. 3121111006. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
12. NIM. 3121111006. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
13. NIM. 3121111006. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Pendidikan
Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri
35 Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 35 Medan yang berjumlah 300 siswa dan 1 orang guru PKN kelas
VIII dan yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah
keseluruhan populasi yaitu 32 orang siswa dengan menggunakan teknik random
sampling. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket yang berjumlah 15
pertanyaan dan diisi oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk
penelitian ini dengan rumus statistic sederhana (persentase).
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan
pendidikan karakter melalui Guru PPKn mampu mengurangi kenakalan pada
siswa. Hal ini dapat dilihat dari berkurangnya jumlah siswa yang melakukan
kenakalan yaitu sekitar 80% siswa dari jumlah sampel yang di teliti tidak lagi
melakukan kenakalan disekolah. Adapun keberhasilan ini tidak lepas dari campur
tangan guru PPKn dalam mendidik siswa. Guru PPKn memiliki peran yang sangat
besar dalam menerapkan pendidikan karakter pada siswa. Guru mengajak siswa
untuk menerapakan nilai – nilai karakter seperti cinta tuhan dan segenap
ciptaanNya, kemandirian dan tanggung jawab, kejujuran/amanah, hormat dan
Santun, Dermawan, Suka menolong, dan kerja sama, percaya diri dan pekerja
keras, kepemimpinan dan keadilan, baik dan rendah, toleransi, kedamaian, dan
kesatuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKn 038 |
Keywords: | Pendidikan Karakter;Kenakalan Siswa;Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 02:46 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19395 |