Lestari, Sri (2016) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENGANTISIPASI PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3122111009 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2. NIM 3122111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. NIM 3122111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. NIM 3122111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
5. NIM 3122111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
6. NIM. 3122111009 TABLES.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
7. NIM. 3122111009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
8. NIM 3122111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
12. NIM 3122111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM. 3122111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan pendidikan karakter sebagai upaya
mengantisipasi perilaku menyimpang pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tanjung Pura.
Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X TKJ yang terdiri dari tiga kelas yang
jumlahnya 96 orang. Oleh karena itu peneliti mengambil sampel total karena populasi kurang
dari 100 orang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif.
Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket (questioner) berjumlah
22 soal yang akan diisi oleh responden (sampel). Teknik analisis data yang digunakan
adalah rumus statistik sederhana yaitu dengan menghitung persentase jawaban responden dalam
bentuk tabel tunggal melalui distribusi frekuensi dan persentase.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter
sebagai upaya mengantisipasi perilaku menyimpang pada siswa. Bentuk perilaku yang
menyimpang pada siswa SMKN 1 Tanjung Pura yaitu pelanggaran terhadap peraturan sekolah,
pelanggaran terhadap kegiatan belajar-mengajar dan pelanggaran teradap etika pergaulan dengan
warga sekolah. Pada dasarnya kenakalan pada siswa disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu
faktor internal pada diri siswa itu sendiri, dan faktor eksternal dalam hal ini faktor lingkungan
keluarga serta lingkungan sosial. Dalam hal ini upaya mengatasi perilaku menyimpang pada
siswa yaitu guru hendaknya memahami kepribadian siswa secara teliti dan objektif, sehingga
dapat dicegah kemungkinan munculnya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan berperan
aktif dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter siswa dengan melakukan pembiasaan dalam
bentuk perilaku dan kegiatan yang mencerminkan dari nilai-nilai pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKn 064 |
Keywords: | Pendidikan Karakter;Perilaku;Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 02:41 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19394 |