Sihombing, Apriana (2016) KOMPETENSI GURU PPKN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN K-13 DI SMK NEGERI 9 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM.3123111006 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM.3123111006 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
3 NIM.3123111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4 NIM.3123111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5 NIM.3123111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6 NIM.3123111006 TABLES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7 NIM.3123111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM.3123111006 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
12 NIM.3123111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
13 NIM.3123111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kompetensi guru mata pelajaran PPKn
Dalam menerapkan Penilaian Autentik di SMK Negeri 9 Medan. Adapun metode yang di
gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu cara
atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian
dilapangan. Lokasi penelitian dilaksanakan di Sekolah SMK Negeri 9 Medan. Penelitian ini
menggunakan sampel bertujuan (Purposive Sampling) yaitu dengan cara mengambil subjek
atas adanya tujuan tertentu. Dengan jumlah 5 guru PPKn di SMK. Alat pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, dan wawancara,yaitu
Peneliti memberikan pertanyaan secara lisan kepada responden sesuai dengan pertanyaan
yang telah disiapkan. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu Kompetensi
guru PPKn dalam mengimplementasikan penilaian autentik berdasarkan K-13. Adapun teknik
analisis data ini dilakukan melalui Reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian Kompetensi khususnya guru PPKn di SMK Negeri 9
pada umumnya telah mengimplementasikan penilaian autentik berdasarkan K-13 yang
mengacu pada 3 aspek penilaian yaitu aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta
didik nya, namun terlaksananya tidak menyeluruh atau Holistik. Dari ketiga aspek penilain
tersebut penilaian sikap dominan ditemukanya kendala-kendala.Hal itu disebakan banyak nya
teknik yang akan dinilai sehingga membuat guru bingung dan kurang memahami dan lebih
menyukai penilaian Konvensional. Hambatan yang paling sering ditemukan dalam penilaian
autentik ini adalah penilaianya rumit, dan merepotkan.Faktor-faktor lain seperti kurang pintar
memakai alat komputer dan faktor umur sehingga membuat para guru bingung dalam
mengimplementasikannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKn 0048 |
Keywords: | Kompetensi Guru;Penilaian Autentik;PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 04:56 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19379 |