Bate’e, Integrasi Anugerah (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA PENDEKATAN RME DAN SAVI DI SMP SWASTA PEMBDA 2 GUNUNGSITOLI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171041 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 8146171041 LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM 8146171041 ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4. NIM 8146171041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM 8146171041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
14. NIM 8146171041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6. NIM 8146171041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM 8146171041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 8146171041 BAB I.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
12. NIM 8146171041 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
13. NIM 8146171041 DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diajar dengan pendekatan RME dan SAVI, (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan RME dan SAVI, (3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa, (4) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Swasta Pembda 2 Gunungsitoli. Sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 2 kelas berjumlah 78 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan Uji t dan ANAVA Dua Jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan RME lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI. Hal ini terlihat dari hasil uji t dimana thitung = 3,261 > ttabel = 1,665, (2) peningkatan motivasi belajar siswa yang diajar dengan pendekatan RME lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI. Hal ini terlihat dari hasil uji t dimana thitung = 4,058 > ttabel = 1,665, (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji ANAVA Dua Jalur dimana Frc = 0,274 < Ftabel = 3,124, (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji ANAVA Dua Jalur dimana Frc = 1,322< Ftabel = 3,124.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Bat p |
Keywords: | Pendekatan RME; Pendekatan SAVI; Representasi matematis; Motivasi belajar; Interaksi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 01:41 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19376 |