Fadliyani (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEBIASAAN BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIBERI PBM DENGAN PENEMUAN TERBIMBING DI SMP SABILINA TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171024 COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM 8146171024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
3. NIM 8146171024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
4. NIM 8146171024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM 8146171024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 8146171024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 8146171024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8146171024 BAB I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
12. NIM 8146171024 BAB V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. NIM 8146171024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diberi PBM dengan penemuan terbimbing, (2) Perbedaan peningkatan kebiasaan belajar antara siswa yang diberi PBM dengan penemuan terbimbing, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (4) Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kebiasaan belajar, (5) Proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada PBM dan penemuan terbimbing.
Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Sabilina Tembung. Dan sampel penelitian ini adalah kelas VII-10 dan VII-12. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi PBM dengan penemuan terbimbing. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk F_hitung=15.024 lebih besar dari F_tabel=3.962. Konstanta persamaan regresi untuk PBM yaitu 11.450 lebih besar dari penemuan terbimbing yaitu 8.826. (2) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kebiasaan belajar antara siswa yang diberi PBM dengan penemuan terbimbing. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk F_hitung=2.060 lebih kecil dari F_tabel=3.962. Konstanta persamaan regresi untuk PBM yaitu 2.112 lebih besar dari penemuan terbimbing yaitu 0.734. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis. (4). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kebiasaan belajar. (5) Proses penyelesaian jawaban siswa kemampuan komunikasi matematis yang diberi PBM lebih baik dibandingkan dengan penemuan terbimbing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Fad p |
Keywords: | PBM (pembelajaran berbasis masalah); Kemampuan komunikasi matematis; Kebiasaan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 03:47 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19375 |