Hutabarat, Putra Kaslin (2016) KESIAPAN GURU PPKN DALAM IMPLEMENTASI MODEL RPP KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (STUDI KASUS MAN SE KOTA MEDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3121111007 COVER.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
2. NIM.3123111007 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. NIM 3121111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 3121111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. NIM 3121111007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM 3121111007 TABLES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM 3121111007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
8. NIM 3121111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 3121111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
13. NIM 3121111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
14. NIM 3121111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasari terhadap permasalahan pemahaman dan kompetensi guru PPKn dalam menyusun dan mengimplementasikan RPP Kurikulum 2013 berdasarkan format dari Permendikbud No. 103 Tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan pelaksanaan guru PPKn di MAN Se Kota Medan dalam mengimplementasikan model RPP Kurikulum 2013 berdasarkan format dari Permendikbud No. 103 Tahun 2014. Penelitian ini dilakukan di Man Se Kota Medan yang menerapkan Kurikulum 2013, sehingga penelitian ini mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini dilakukan antara lain di MAN 1 Medan, MAN 2 model Medan dan MAN 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru PPKn MAN Se Kota Medan yang berjumlah 8 orang yang terdiri dari 3 guru MAN 1, 3 guru MAN 2, dan 2 guru di MAN 3. Penelitian ini menggunakan total sampel seluruh guru PPKn yang berjumlah 8 orang .Variabel dalam penelitian ini adalah berkenaan mengenai kesiapan guru PPKn dalam implementasi Model RPP Kurikulum 2013 berdasarkan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014.Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi Adapun teknik analisis data ini dilakukan melalui Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan di MAN se Kota Medan, guru dalam mengimplementasikan model RPP Kurikulum 2013 sudah memiliki kesiapan jika sekolah menerapkan Kurikulum 2013 secara keseluruhan. Secara keseluruhan guru juga telah memahami Perubahan yang sangat menonjol adanya kelengkapan dan pencapaian dari nilai spiritual, nilai sikap, nilai sosial dan nilai kompetensi yang dimiliki oleh siswa/siswi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKn 047 |
Keywords: | Kesiapan; Guru; Implementasi; Kurikulum; RPP; Permendikbud |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 08:37 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19345 |