Nasotion, Harun Arrasyid (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON. Undergraduate thesis, UNIMED.
508311019 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
508311019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
508311019 abstrak.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
508311019KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
508311019 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
508311019DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
508311019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
508311019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
508311019 BAB I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
508311019 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
508311019DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa kelas 1 di SMK N 2 Binjai dengan menerapakan Pembelajaran Berbasis Masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah 30 orang, model penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata Aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada saat penelititian ini dilaksanakan. Hasil penelitian dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah pada siklus 1 aktivitas belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus 2 aktivitas belajar siswa meningkat. Dimana pada siklus 1 nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 69,32 dengan kategori kurang aktif 17 orang (57%), Cukup aktif 10 orang (33%), Aktif 3 orang (10%), dan sangat aktif tidak ada (0%). Sedangkan pada siklus 2 keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 83,33 dengan kategori aktif, kurang aktif 3 orang (10%), Cukup aktif 10 orang (33%), aktif 13 orang (43%), dan sangat aktif 4 orang (13%) dari nilai ideal 100. Rata-rata hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah belum mengalami peningkatan, dimana dari siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar ilmu statika dan tegangan siswa adalah 69,33 dengan keterangan siswa tidak kompeten sebanyak 17 orang (57%), Cukup Kompeten 8 orang (26 %), kompeten 5 orang (17%), dan Sangat kompeten tidak ada (0 %). Dari nilai ideal 100, didapat nilai perolehan rata-rata hanya 69,33 yaitu Tidak Kompeten. Pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar ilmu statika dan tegangan siswa mengalami peningkat menjadi 80,83 dengan keterangan siswa tidak kompeten 2 orang (7%), cukup kompeten sebanyak 12 orang (40%), kompeten 14 orang (46 %), dan sangat kompeten 2 orang (7%). Dari nilai ideal 100, nilai perolehan rata-rata hanya 80,83 yaitu tergolong dalam kategori kompeten. Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 607.207 19 Nas p |
Keywords: | hasil belajar ilmu statika, dan tegangan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH6014 Environmental engineering of buildings. Sanitary engineering of buildings T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 10:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19326 |