HasibuanAsrul Habibi (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
508331010 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
508331010 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
508331010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
508331010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
508331010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
508331010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
508331010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
508331010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
508331010 BAB I.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
508331010 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
508331010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kooperaif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik 1 (Satu) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik 1 (satu) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 25 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik total sampling, dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Pada saat Pretest diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase 24%, sedangkan pada Postest I sebanyak 15 orang dengan persentase 60%. Hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 36 dan pada pertemuan II memperoleh 40 dengan masing-masing persentase sebesar 64,2% dan 71,4%. Dari observasi siswa saat KBM terlihat bahwa keaktifan siswa pada pertemuan I dan pertemuan II belum mencapai 70%. Untuk observasi keaktifan kelompok pada pertemuan I dan II juga demikian belum ada kelompok yang mencapai keaktifan > 70%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebesar 19 orang dengan persentase 76%. Pada observasi aktivitas guru di pertemuan III mencapai skor 44 dan pada pertemuan IV memperoleh 49 dengan persentase 78,5% dan 87,5%. Hasil observasi siswa saat KBM pada pertemuan III persentase siswa yang aktif 68% dan pertemuan IV sudah mencapai 72%. Untuk keaktifan kelompok pada pertemuan III ada 1 kelompok yang sudah lebih dari 70% tepatnya kelompok 3 yaitu 72% dan pertemuan IV seluruh kelompok telah melewati 70%. Dari temuan ini maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.310 719 Has p |
Keywords: | Hasil belajar peralatan rumah tangga |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 09:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19323 |