Akbar, Ali (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SITEM KOMPUTER PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK TRITECH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 509331004 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2 509331004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4 509331004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5 509331004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6 509331004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8 509331004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7 509331004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9 509331004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
10 509331004 BAB I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
14 509331004 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
15 509331004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi PembelajaranProblem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Sistem Komputer padasiswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Tritech Medan T.A. 2014/2015.Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI Teknik Komputer JaringanSMK Tritech Medan T.A. 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelasXI Teknik Komputer Jaringan SMK Tritech Medan yang berjumlah sepuluhkelas, dengan jumlah siswa 237 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukansecara acak atau dengan teknik random sampling. Kemudian terpilih kelas TKJ 1sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 23 siswa, yang akan diajar denganStrategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dan kelas TKJ 2 sebagaikelas kontrol, dengan jumlah 24 siswa, yang akan diajar dengan StrategiPembelajaran Ekspositori.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai hasil belajar siswa pada materiSistem Komputer yang diajar dengan menggunakan Strategi PembelajaranProblem Based Learning (PBL) memiliki nilai rata-rata 85,74 dengan standardeviasi 4,32 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan StrategiEkspositori memiliki nilai rata-rata 71,00 dengan standar deviasi 5,56. Kemudiansecara statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperolehthitung> ttabel yaitu 10,114 > 2,0157. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajarsiswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem BasedLearning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajardengan menggunakan Strategi Ekspositori. Hal ini berarti ada pengaruh StrategiPembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar SistemKomputer pada siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Tritech MedanT.A. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621. 071 Lub p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Problem Based Learning; Ekspositori;Sistem |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 11:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19322 |