Irwansyah, Muhammad (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MATA PELAJARAN MENGESET MESINDAN PROGRAMMESIN CN/CNCKELAS XII SMKNEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
5102121010 Cover.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5102121010 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
5102121010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5102121010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5102121010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5102121010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5102121010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5102121010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5102121010 BAB 1.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
5102121010 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5102121010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitianinibertujauanuntukmerancang dan membuat media pembelajaran berbasis komputer dengan software Powerpoint pada mata pelajaran Mengeset Mesin Dan Program Mesin CN/CNC di SMK N 5 Medan Timor yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development)yang dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 5 Medan. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran berbasis komputer dengan Powerpoint pada pada mata pelajaran Mengeset Mesin Dan Program Mesin CN/CNC di SMK N 5 Medan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dan soal tes (pretest & postest). Teknik analisisdata dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan uji coba penerapanmedia dilakukan dengan cara membandingkan hasil postestdari dua kelompok yang menggunakan media Powerpointdan yang tidak menggunakan media Powerpoint.Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran denganmedia Powerpoint sedangkan tahapan rancangan pengembangan media yang dilakukan yaitu: (1) menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan medianya, (2) melakukan penelitian pendahuluan, (3) pembuatan desain software,(4) pengumpulan bahan, (5) mengembangkan bentuk produk; (6) validasi oleh ahli media dan ahli materi (7) revisi, (8) uji coba kelompok kecil, (8) uji coba kelompok besar, (9)uji efektifitas/penerapan , (10) analisis produk dan (11) produk akhir. Media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran dengan persentase total sebesar 78,03%, ahli materi dengan persentase total sebesar 75 % , penilaian guru mata diklat dengan persentase total 3,75%, hasil uji kelompok kecil dengan persentase total sebesar 81% dan uji coba kelompok besar dengan persentase total sebesar 84,7%. Media pembelajaran dengan Powerpointini telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 102,5%. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan Powerpoint yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Mengeset Mesin Dan Program Mesin CN/CNC dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621. 381 590 71 irw p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Powerpoint; Mengeset Mesin Dan Program Mesin |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 09:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19317 |