Hidayat, Reza (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA KELAS X BIDANG KEAHLIAN KETENAGALISTRIKAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. Bab I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13. Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei tuan. Masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang terlalu monoton sehingga tidak dapat meningkatkan hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika siswa, apakah media pembelajaran animasi lebih efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran Memahami Pengukuran Komponen Elektronika di SMK Negeri 1 Percut Seituan.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 24 orang. Sampel tersebut mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Selanjutnya alat pengumpul data yang digunakan adalah instrument soal siswa terhadap hasil belajar. Data hasil penelitian yang diperoleh selanjutnya diuji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji t..Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran di kelas X TITL SMK Negeri 1Percut Sei Tuan skor rata-rata hasil belajar siswa kelas animasi (eksperimen 1) adalah 24,16 dengan standar deviasi 3,04 sedangkan di kelas blog (eksperimen 2) skor rata-rata hasil belajar sebesar 21,66 dengan standar deviasi 2,63. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelejaran animasi lebih tinggi dari hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika siswa yangdiajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis blog. Ini diperkuat dari Hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 2,86 > ttabel = 1,664, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima Ha yaitu hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran animasi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis blog.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 Hid p |
Keywords: | Hasil Belajar;Pengukuran Komponen;Media pembelajaran |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19273 |