Yundha, Azri Afwatul (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIAPEMBELAJARAN PACKET TRACER TERHADAP HASIL BELAJAR MELAKUKAN INSTALASIPERANGKAT JARINGAN LOKAL (MLAN) PADA SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIANTEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK SWASTA PAB 5 KELAMBIR V T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 509331011 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
NIM 509331011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (917kB) | Preview
NIM 509331011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
NIM 509331011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
NIM 509331011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
NIM 509331011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
NIM 509331011 BAB I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
NIM 509331011 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
NIM 509331011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Mata diklatMelakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (MLAN) siswa kelas XI yangdiajar dengan menggunakan media pembelajaran Packet Tracer lebih baik daripada kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaranPower Point.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI bidang keahlianTeknik Komputer Jaringan di SMK Swasta Pab 5 Kelambir V TahunPembelajaran 2013/2014, yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambildengan teknik Totally Sampling dan untuk kelompok perlakuan dipilih dengancara memberikan pretes yaitu kelompok perlakuan dengan media pembelajaranPacket Tracer sebanyak 30 orang dan kelompok perlakuan dengan mediapembelajaran Power Point sebanyak 30 orang. Data penelitian dikumpul denganmenggunakan tes hasil belajar Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal(MLAN), dianalisis dengan uji t independen pada taraf signifikansi 5%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar MelakukanInstalasi Perangkat Jaringan Lokal (MLAN) siswa yang diajar dengan mediapembelajaran Packet Tracer adalah 23,53 dengan tingkat kecenderungan belajarcukup dan rata-rata hasil belajar Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal(MLAN) siswa yang diajar dengan model pembelajaran Power Point adalah 16,13dengan tingkat kecenderungan belajar cukup. Hasil uji persyaratan analisismenunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar Melakukan Instalasi PerangkatJaringan Lokal (MLAN) yang diajarkan dengan media pembelajaran PacketTracer adalah berdistribusi normal dimana LHitung 0.06517 < LTabel 0,161 dandata hasil belajar Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (MLAN) yangdiajarkan dengan media pembelajaran Power Point adalah berdistribusi normaldimana LHitung 0.06437 < LTabel 0,161 dan kedua varians data adalah Homogenkarena 1,76 1,15. Tabel Hitung F  FHasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Melakukan InstalasiPerangkat Jaringan Lokal (MLAN) kelompok siswa yang diajar denganmenggunakan media pembelajaran Packet Tracer lebih baik dari pada kelompoksiswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Power Point padasiswa kelas XI Bidang Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Swasta Pab 5Kelambir V Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan nilai tHitung 12,75 > tTabel1,674.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.392 071 9 Yud p |
Keywords: | Packet Tracer; Power Point; hasil belajar; MLAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19268 |