PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR RAB SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/20

Yunus, Muhamad (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR RAB SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/20. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 509111021 COVER.pdf]
Preview
Text
509111021 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 509111021 lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
509111021 lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[thumbnail of 509111021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
509111021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 509111021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
509111021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 509111021 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
509111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 509111021 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
509111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 509111021 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
509111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 509111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
509111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 509111021 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
509111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 509111021 BAB I.pdf]
Preview
Text
509111021 BAB I.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of 509111021 BAB V.pdf]
Preview
Text
509111021 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 509111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
509111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa di kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Samadua, kabupaten Aceh Selatan pada semester genap tahun pembelajaran 2012/2013. Mata diklat Rencana Anggaran Biaya di dalam penelitian meliputi kompetensi dasar membuat estimasi biaya.Penelitian dilakukan mulai April 2013 sampai dengan Juni 2013. Variable penelitian yang diamati meliputi Partisipasi Belajar RAB siswa dan Hasil Belajar RAB siswa setelah pelaksanaan tindakan dikelas dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD yang dijaring dengan menggunakan observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan dalam 3 (tiga siklus) dengan masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 (tiga) pertemuan.Dalam pelaksanaan tindakan, peneliti dibantu oleh dua orang guru, 1 (satu) orang sebagai pelaksana tindakan, dan seorang lainnya bersama-sama dengan peneliti menjadi observer pelaksanaan pembelajaran untuk mengamati partisipasi belajar siswa pada saat pelaksanaan tindakan.Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran dalam penelitian ini diperoleh peningkatan partisipasi dan hasil belajar yang cukup signifikan. Pada akhir evaluasi siklus ketiga diperoleh partisipasi belajar dengan pencapaian 83.33% siswa di kelas memperoleh skor partisipasi belajar tidak kurang dari 70%, nilai rata-rata partisipasi belajar di kelas adalah 69,17%. Angka tersebut jauh lebih tinggi daripada partisipasi belajar siswa di kelas saat belum dilakukan penelitian tindakan kelas yakni nilai rata-rata partisipasi belajar yang hanya 11,67% dengan ketercapaian kelas 0%. Sementara itu, hasil belajar RAB juga mengalami peningkatan signifikan. Nilai rata-rata kelas naik menjadi 69.04 dari sebelum pelaksanaan penelitian yang hanya 38.98, dengan tingkat kelulusan/ ketercapaian kelas mencapai 75%, lebih tinggi daripada sebelum pelaksanaan tindakan yakni 8.33%.Hasil uji T dengan menggunakan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa peningkatan partisipasi belajar dan hasil belajar RAB setelah pelaksanaan tindakan dengan menggunakan model pembelajran STAD sangat signifikan. Nilai t partisipasi belajar siswa mencapai 17.05 sedangkan hasil belajar siswa 8.869. keduanya lebih besar daripada nilai t pada tabel distribusi t yang hanya 1.796. Dengan demikian disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran RAB di kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Samdua Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 692.507 19 Yun p
Keywords: RAB:Belajar;STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 15 Nov 2016 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19262

Actions (login required)

View Item
View Item