Hutabarat, Andri (2013) STARATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR- DASAR ELEKTRONIKA (MDDE) PADA SISWA KELAS X TITL SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM COVER 508131016 .pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
NIM ABSTRAK 081255210008.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
NIM Kata Pengantar 508131016.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
NIM Daftar isi 508131016.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
NIM Daftar pustaka 508131016.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
NIM Daftar Gbr 508131016.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
NIM Daftar Tabel 508131016.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
NIM BAB I 508131016.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
NIM BAB V 508131016.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar menguasai teori dasar elektronika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X SMK N 3 Panyabungan T.P 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 3 Panyabungan yang beralamat di Jl. Bhayangkara No.1 Gunung Tua – Panyabungan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 3 Panyabungan dengan jumlah 29 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah (17,24%) yang termasuk kategori aktif. Pada siklus II rata – rata observasi aktivitas adalah (86,20%) yang termasuk kategori aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I dan II sebesar 68,96% Selain itu, tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 13 orang dari 29 siswa yang mendapat nilai ≥70 atau sebesar ( 44,82%) dan 16 siswa mendapat nilai<70 atau sebesar (55,17%), dengan nilai rata-rata 69,48. pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 27 orang (93,10%) dan siswa yang memperoleh nilai <70 sebanyak 2 orang (6,89%) dengan nilai rata-rata 84,48. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan siswa dalam proses belajar mengajar khususnya dalam bidang menguasai teori dasar elektronika. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengenal komponen elektronika siswa kelas X SMK N 3 Panyabungan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 9 Hut s |
Keywords: | Model pembelajaran think pair sahre; hasil belajar.; |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19255 |