Panggabean, Irwan (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) KELAS X MO DI SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
a. Cover.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
abcd. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
abb. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
abcde. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
abc. DAFTAR isi skripsi.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
bc. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
a.a Surat-surat.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
ab.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standart kompetensi Pengetahuan Daasar Teknik Mesin (PDTM) dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Script di kelas X MO SMK Melati Perbaungan yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Script sedangkan subjeknya adalh siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran koperatif tipe script meningkat dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 55,42 dan persentase ketuntasan klasikal hanya 5,71%. Pada siklus I dengan penerapan Model Pembelajaran koperati Tipe Script diperoleh rata-rata kelas menjadi 68,71 dan persentase ketuntasan klasikal menjadi 54,28% dan hasil observasi keaktifan siswa 59,09%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik itu dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus II dengan penerapan model Pembelajaran Koperatif Tipe Script diperoleh peningkatan rata-rata kelas menjadi 76,57 dan ketuntasan klasikal menjadi 85,72% serta hasil observasi aktifitas siswa yang semakin meningkat dari 59,09% menjadi 75%. Dengan demikian hasil penelitian membuktikan kebenaran hipotesis tindakan, bahwa Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pengatahuan Dasar Teknik Mesin pada kelas X MO di SMK Swasta Melati Perbaungan T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 19 Pan p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pengetahuan Dasar Teknik Mesin; Keaktifan Siswa; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19230 |