Yuliana, Bintang Dini (2014) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA PADA SISWA SMK NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509143007 COVER_SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 509143007 PERNYATAAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. NIM. 509143007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM. 509143007 kata_pengantar.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 509143007 DAFTAR_ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM. 509143007 daftar_gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 509143007 daftar_tabel.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 509143007 Daftar_lampiran.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. NIM. 509143007 BAB_I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. NIM. 509143007 BAB_V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 509143007 Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa, untuk mengetahui hasil belajar pembuatan pola dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar pembuatan pola. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Kisaran. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X program keahlian tata busana SMK Negeri 1 Kisaran sebanyak 36 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, dengan jumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket dan lembar pengamatan.Angket digunakan untuk mengumpul data kemandirian belajar sedangkan lembar pengamatan digunakan untuk mengumpul data hasil belajar pembuatan pola. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar termasuk kategori cukup dengan persentase 36,1% dan cenderung tinggi dimana jumlah siswa kategori tinggi dan cukup yaitu 52,8% dan untuk hasil belajar pembuatan pola termasuk kategori cukup dengan persentase 33,3% dan cenderung tinggi dimana jumlah siswa pada kategori tinggi yaitu 63,9% Untuk uji normalitas data menggunakan rumus chi-kuadrat pada taraf 5% dengan dk=5, diperoleh variabel kemandirian belajar berdistribusi nomal, karena 2hitung < 2tabel (8,166 < 11,070) dan variabel hasil belajar pembuatan pola berdistribusi normal, karena 2hitung < 2tabel (8,38 > 11,070). Dari hasil analis korelasi diperoleh rxy sebesar 0,41 sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N=36 sebesar 0,329. Dengan demikian rxy > rtabel (0,41 > 0,329). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar pembuatan pola pada siswa SMK Negeri 1 Kisaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.407 19 Yul h |
Keywords: | Kemandirian Belajar; Hasil Belajar; Pembuatan Pola; Mengukur Tubuh; Pola Dasar; Menggambar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19219 |