Siagian, Nova R E. (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN KULIT WAJAH BERMASALAH SECARA MANUAL DI KELAS XI JURUSAN TATA KECANTIKAN KULIT SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRANdocx.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar, 2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran perawatan kulit wajah bermasalah secara manual pada peserta didik kelas XI Jurusan Kecantikan Kulit SMK Negeri 8 Medan tahun ajaran 2013/2014.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Jurusan Kecantikan Kulit SMK Negeri 8 Medan, dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan.Sebelum penelitian ini dilakukan, terlebih dahulu tes hasil belajar perawatan kulit wajah bermasalah secara manual di ujicobakan, dilakukan uji validitas soal, uji taraf kesukaran, uji daya beda dan uji reliabilitas. Untuk perhitungan uji validitas digunakan rumus Product Moment, suatu butir tes dikatakan valid apabila rhitung>rtabel pada taraf signiikan 5%, sedangkan uji reliablitas digunakan KR-20.Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan teknik analisis data secara deskriptif. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif, misalnya: mencari nilai rata-rata presentase keberhasilan peserta didik.Hasil penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siklus I aktivitas peserta didik belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus ke II aktivitas peserta didik meningkat, dimana rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I diperoleh 64,8% dari 30 orang meningkat menjadi 78,85% dengan rata-rata peningatan 14,05%.Rata-rata hasil belajar peserta didik setelah dilakukan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 70,58 pada siklus I, meningkat menjadi 80,26 pada siklus ke II. Dari hasil peningkatan hasil belajar tersebut berarti penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran perawatan kulit wajah bermasalah pada materi kelainan kulit wajah mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.726 071 9 Sia p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Perawatan Kulit Wajah; Bermasalah Secara Manual |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19209 |