Marnala, Esther Restie (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLOG PADA KOMPETENSI RIAS WAJAH SEHARI-HARI PADA KELAS X TATA KECANTIKAN KULIT DI SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 509144014 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 509144014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
3. 509144014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. 509144014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. 509144014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. 509144014 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. 509144014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
10. 509144014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
14. 509144014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. 509144014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 509144014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blog Pada Kompetensi Rias Wajah Sehari-hari untuk kelas X Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Pematang Siantar yang terletak di jalan Medan, KM 10,5 Pematang Siantar. Penelitian dilakukan pada hari Rabu tanggal 5 November 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development, yakni penelitian ini termasuk penelitian pengembangan pendidikan yang dimaksudkan untuk menghasilkan produk pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Subjek penelitian dalam pengembangan produk blog pembelajaran interaktif adalah 2 orang validasi ahli materi, 2 orang validasi ahli media pembelajaran dan siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematang Siantar yang berjumlah 28 siswa. Instrument pengumpulan data pada pengembangan ini berupa lembar angket yang di sebarkan kepada ahli materi, ahli media dan siswa. Data dianalisis menggunakan tehnik statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi menyatakan bahwa pada aspek kelayakan isi dinilai sangat baik dengan persentase 90 persen. Pada aspek penyajian materi dinilai sangat baik dengan persentase nilai 98 persen dan pada aspek kebahasaan materi dinilai sangat baik dengan persentase 96 persen. Secara keseluruhan validasi ahli materi dinilai sangat baik dengan persentase 94,6 persen. Hasil validasi ahli media pada aspek kualitas penyajian media dinilai sangat baik dengan persentase 92,0 persen dan pada aspek desain media pembelajaran dinilai sangat baik dengan persentase 94 persen. Secara keseluruhan validasi ahli media pembelajaran dinilai sangat baik dengan persentase nilai 93,0 persen. Hasil uji coba lapangan pada siswa kelas X pada aspek kualitas materi pembelajaran dinilai baik dengan persentase nilai 88,6 persen dan pada aspek tampilan media pembelajaran dinilai sangat baik dengan persentase nilai 90,2 persen. Media pembelajaran interaktif berbasis blog pada kompetensi rias wajah sehari-hari yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat baik, untuk itu disarankan kepada guru-guru untuk selalu memanfaatkan media sebagai alat bantu pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.720 719 Mar p |
Keywords: | Media pembelajaran; Model desain addie; Media blog; Rias wajah. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19174 |