Hayati, Nurika (2014) PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR MELALUI MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR CREAMBATH SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN RAMBUT SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509344022 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2. NIM. 509344022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
3. NIM. 509344022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
4. NIM. 509344022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 509344022 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 509344022 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 509344022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 509344022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
13. NIM. 509344022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM. 509344022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui pemanfaatan fasilitas belajar melalui modul creambath pada siswa kelas X tata kecantikan rambut. (2)Untuk mengetahui hasil belajar creambath dengan menggunakan modul. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar melaui modul terhadap hasil belajar creambath siswa kelas X tata kecantikan rambut SMK Negeri 3 Pematangsiantar.Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X program keahlian tata kecantikan rambut SMK Negeri 3 Pematang Siantar tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 3 kelas dengan jumlah 78 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, yaitu secara undian, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 2 kelompok. Metode pengumpulan data menggunakan tes pemanfaatan fasilitas belajar. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dan uji hipotesis dengan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan rata – rata pada kelas eksperimen dengan pretest 62.24 dan posttest 84.24. Dan rata – rata pada kelas kontrol untuk pretest 60.24 dan posttest 72.12. Pada uji normalitas di kelas eksperimen (2.228<11.34, 0.919<11.34) sehingga pretest, posttest pada kelas eksperimen berdistribusi normal. Dan pada kelas kontrol (2.616<11.34, 2.668<11.34) sehingga pretest, posttest pada kelas kontrol berdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas pretest (1.52<1.98) dan data dinyatakan homogen. Sedangkan pada posttest (1.89<1.98) dan demikian data dinyatakan homogen.Dari hasil analisis diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 7.572 sedangkan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada taraf signifikan 5% dengan n = 50 = 2.01. Dengan demikian 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔< 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (7.572<2.01). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan fasilitas belajar melalui modul terhadap hasil belajar creambath siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 3 Pematang Siantar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.724 071 9 Hay p |
Keywords: | Fasilitas belajar; Modul; Hasil belajar; Creambath. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19173 |