Yes, One Virgo Agus (2014) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN MENJELASKAN KONSEP GENERATOR LISTRIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Pada hakikatnya proses belajar dan mengajar adalah suatu proses komunikasi Proses komunikasi proses penyampaian pesan harus diciptakan atau diwujudkan melalui kegiatan penyampaian dan tukar menukar pesan atau informasi oleh setiap guru dan peserta didik Yang dimaksud pesan atau informasi dapat berupa pengetahuan keahlian skill ide pengalaman dan sebagainya Melalui proses komunikasi pesan atau informasi dapat diserap atau dihayati orang lain Agar tidak terjadi kesesatan dalam proses komunikasi perlu digunakan sarana yang membantu proses komunikasi yang disebut media Dalam proses belajar mengajar media yang digunakan untuk memperlancar komunikasi belajar mengajar disebut media pembelajaran Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi penggunaan berbagai jenis media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran permasalahan yang muncul adalah bagaimana seorang guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat Media pembelajaran mempunyai peranan yang sama pentingnya dengan faktor faktor pendidikan yang lain namun terkadang kurang diperhatikan oleh guru Padahal pemilihan media yang tepat yaitu yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan dengan tujuan yang akan dicapai merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu proses belajar mengajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun media pembelajaran berbasis multimedia pada pembelajaran menjelaskan konsep generator listrik dan menguji kelayakan media pembelajaran yang dirancang sebagai media pembelajaran yang efektif bagi siswa Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK NEGERI 13 Sei Seruwai yang terdiri dari 1 kelas dan berjumlah 30 orang Prosedur rancang bangun media pembelajaran berbasis multimedia pada pembelajaran menjelaskan konsep generator listrik yang dikemas dalam bentuk CD interaktif dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE Analysis Design Development Implementation dan Evaluation Program dinilai dengan metode angket oleh peneliti kemudian diuji cobakan kepada siswa untuk mengetahui tingkat kelayakan media berdasarkan indikator kriteria yang telah ditentukan Hasilnya diolah secara deskriptif presentase Hasil angket yang diberikan kepada dosen ahli sebagai evaluator menyatakan kelayakan pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran termasuk dalam kategori Sangat Baik 96 25 Angket siswa pada uji coba siswa yang berjumlah 30 orang menunjukkan ketertarikan siswa pada pengembangan multimedia interaktif yaitu pada rata rata 88 91
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.312 0719 yes r |
Keywords: | Media pembelajaran; Multi media; Rancang bangun |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19168 |