Siburian, Martinus Roy Rikky (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR �. Undergraduate thesis, UNIMED.
508321019 Judul.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
508321019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
508321019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
508321019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
508321019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
508321019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
508321019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
508321019 Bab I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
508321019 Bab V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
surat penelitian.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
508321019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Dasar –Dasar Kejuruan siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode Problem Posing dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X di SMK Negeri 2 Tanjungbalai.Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental, yang dalam pelaksanaanya diberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Permesinan sebanyak dua kelas. Sampel dalam penelitian yaitu kelas eksperimen (kelas dengan metode Problem Posing) sebanyak 31 orang dan kelas kontrol (kelas dengan pembelajaran konvensional) sebanyak 32 orang, jadi total subjek yang akan diteliti sebanyak 63 siswa.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar Dasar – Dasar Kejuruan Mesin yang diajar dengan Metode Problem Posing lebih baik daripada hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Nilai rata – rata pada kelompok eksperimen sebesar 20,68 dan rata – rata kelas kontrol 17,44. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Lilliefors pada taraf kepercayaan α = 0,05. Uji normalitas instrumen Dasar –Dasar Kejuruan Mesin dengan metode problem posing diperoleh L Hitung sebesar 0,0809 dan L Tabel sebesar 0,15913 karena Lhitung < Ltabel atau 0,0809 <0,15913, maka data instrumen pada kelas eksperimen pada kategori Normal. Uji normalitas instrumen Dasar – Dasar Kejuruan Mesin dengan pembelajaran konvensional diperoleh Lhitung sebesar 0,1045 dan Ltabel sebesar 0,1566, karena Lhitung < Ltabel atau 0,1045 < 0,1566, maka data instrumen pada kelas kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Dasar – Dasar Kejuruan Mesin diperoleh Fhitung sebesar 1,56 dan Ftabel sebesar 1,83 karena Fhitung < Ftabel atau 1,56 < 1,83 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data hasil penelitian homogen.Dengan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa thitung = 3,03 yang lebih besar dari ttabel yaitu1,669. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Problem Posing lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar Dasar – Dasar Kejuruan Mesin pada siswa kelas X di SMK Negeri 2 Tanjungbalai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 19 Sib p |
Keywords: | Metode Pembelajaran; Problem Posing; Kejujuran Mesin; Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19151 |