Rajagukguk, Kiki Pratama (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PERBAIKAN RINGAN PADA RANGKAIAN SISTEM KELISTRIKAN DAN INSTRUMEN YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI SEMESTER IV SMK NEGERI 1 STABAT T.P. 2013/20. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran eksperimen dan metode pembelajaran demonstrasi pada standar kompetensi melakukan perbaikan ringan pada rangkaian sistem kelistrikan dan instrument di kelas XI semester IV SMK Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester IV jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Stabat yang terdiri dari 2 kelas, dimana kelas XI.1 SP sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.2 SP sebagai kelas demonstrasi. Kelas eksperimen berjumlah 27 orang dan kelas demontrasi berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran eksperimen dan kelas demonstrasi dengan metode pembelajaran demonstrasi. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,1 dengan standar deviasi 10,9 dan nilai rata-rata pretes kelas demonstrasi 31,9 dengan standar deviasi 11,5. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,99dan ttabel = 1,673, sehingga thitung > ttabel (2,99>1,673), maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran eksperimen dengan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan perbaikan ringan pada rangkaian sistem kelistrikan dan instrumendi kelas XI semester IV SMK Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.319 071 9 Raj p |
Keywords: | Perbaikan Ringan; Rangkaian Sistem Kelistrikan; Instrumen; Kompetensi Dasar Kejuruan; Metode Pembelajaran; Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19149 |