Manullang, Prihenty (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN DENGAN MENERAPKAN MODEL ARTIKULASI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK N 2 SIATAS BARITA TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (906kB) | Preview
3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8.BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
12.BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan pada siswa kelas X teknik konstruksi batu beton SMK N 2 Siatas Barita melalui model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2014 2015 dengan jumlah siswa 20 orang Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 13 soal yang valid dari 20 soal indeks kesukaran soal diperoleh dengan kategori soal sukar 6 kategori sedang 7 dan dalam katagori mudah 7 soal Daya beda soal diperoleh 5 soal baik5 soal cukup dan 10 soal jelek Uji reliabilitas 59 sedang dan pada siklus II diperoleh 9 soal yang valid dari 20 soal indeks kesukaran dengan katagori soal sukar 6 kategori sedang 6 dan dalam kategoi mudah 8 soal Daya beda soal diperoleh 3 soal baik 6 soal cukup, 11 soal jelek uji reliabilitas 0 70 tinggi Hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi adalah mengalami peningkatan yaitu dari siklus I dengan rata rata 53 meningkat menjadi 85 pada siklus II dengan mengalami peningkatan sebesar 31 yaitu 10 tidak kompeten 30 cukup kompeten 45 kompeten 15 sangat kompetenPenelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan planning tindakan acting pengamatan observating dan refleksi reflecting Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 53 dan meningkat sebesar 31 menjadi 85 pada siklus IIHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Arikulasi dapat meningkatkan hasil belajar ilmu bahan bngunan Jadi untuk meningkatkan hasil belajar ilmu bahan bangunan siswa di SMK N 2 Siatas Barita maka guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 691 071 9 man u |
Keywords: | Hasil belajar; Ilmu bahan bangunan; MOdel pembelajaran kooperatif; Tipe artikulasi; Tindakan kelas |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TH Building construction |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19139 |