Panjaitan, Benny Leonardi (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK SWASTATELADAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaranTeknologi Mekanik pokok bahasan menerapkan keselamatan, kesehatan kerjadan lingkungan (K3L) dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif TipeJigsaw di kelas X Teknik Pemesinan SMK Swasta Teladan Medan T.P2014/2015.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalampenelitian ini siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Swasta Teladan Medantahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 25 orang siswa. Pelaksanaan tindakandilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan.Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalahtes dan lembar observasi.Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 79,2 dengan ketuntasan belajarsiswa sebanyak 17 orang (68%) sedangkan hasil observasi aktivitas siswadiperoleh rata-rata 69,6% tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-ratasiswa 89,2 dengan ketuntasan belajar sebanyak 23 orang (92%) yang telah tuntasdan 2 orang (8%) masih belum tuntas, sedangkan hasil observasi aktivitas siswadiperoleh rata-rata 80% tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa denganmenggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkanhasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik pokok bahasanmenerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dari tindakanpada siklus I rata-rata hasil belajar 79,2 kemudian dilakukan tindakan pada siklusII rata-rata hasil belajar 89,2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 19 Pan u |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19136 |