Lubis, Ihsan Hadi Arrsyid (2014) PENERAPAN MODEL PAKEM (PARTISIPATIF, AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
15. SURAT-SURAT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gambar teknik kelas X di SMK Negeri 1 Stabat dengan menerapkan Model Pembelajaran Pakem. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Gambar Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2013 / 2014.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (Planning), tindakan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Jumlah partisipan dalam pelaksanaan siklus sebanyak 29 siswa pada program keahlian Teknik Bangunan Tahun Ajaran 2013/2014.Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu tes belajar Gambar Teknik diuji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas dan reabilitas. Untuk perhitungan uji validitas butir digunakan rumus Product Moment dan uji reabilitas digunakan K-R 20. Suatu butir tes dikatakan valid apabila rhitung> rtabel pada taraf signifikan 5%. Dengan hasil tes digunakan 20 soal dengan nilai r11 = 0,91 maka soal adalah sangat tinggi untuk siklus I dan 20 soal dengan nilai r11 = 0,82 maka reliabilitas soal adalah sangat tinggi untuk siklus II.Hasil penelitian dengan menerapkan model Pakem pada siklus I hasil belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II hasil belajar siswa meningkat. Dimana rata-rata hasil belajar gambar teknik adalah 67,38 dengan keterangan siswa belum tuntas (BT) 17 orang, tuntas (T) 5 orang, baik (B) 6 orang dan yang sangat baik tidak ada. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar gambar teknik siswa meningkat menjadi 85,00 dengan keterangan siswa belum tuntas tidak ada, siswa tuntas (T) 5 orang, baik (B) 17, sangat baik (SB) 6 orang.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaran Penerapan Model Pakem dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik bangunan di SMK Negeri 1 Stabat. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Lub p |
Keywords: | Hasil Belajar; Gambar Teknik; Ilmu Ukur Bidang (Geometri); Gambar Proyeksi; Pembelajaran Pakem |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19118 |