Simanullang, Alwi (2014) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENGUKURAN DASAR SURVEY PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 071255310023 COVER.pdf - Published Version
Download (0B)
2. NIM. 071255310023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM. 071255310023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (0B)
4. NIM. 071255310023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 071255310023 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM. 071255310023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 071255310023 TABLES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM. 071255310023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. NIM. 071255310023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (0B)
10. NIM. 071255310023 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 071255310023 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
12. NIM. 071255310023 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 071255310023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 071255310023 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata kuliah pengukuran dasar survey pada mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan fakultas teknik universitas negeri medandengan jumlah sampel 64 orang. Data penelitian variabel Fasilitas Belajar (X1) dan variabel Disiplin Belajar (X2) dijaring dengan angket, dan Hasil Belajar pengukuran dasar survey (Y) diambil dari data dokumentasi. Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) Fasilitas Belajar (X1) 18 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,891 pada taraf signifikansi 5%. (2) Disiplin Belajar (X2) 16 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,894 pada taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel Fasilitas Belajar (X1) signifikan 0,071 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (2) Disiplin Belajar (X2) signifikan 0,2 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Hasil Belajar Pengukuran dasar survey (Y) signifikan sebesar 0,025 tidak terdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Y = 79,725 + 0,077 X1, uji kelinieran persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Fhit = 0,362 > Ftab = 0.05 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Ŷ = 81,793+0,046X2, uji kelinieran persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Fhit = 0,223 > Ftab = 0,05 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (3) persamaan regresi sederhana Y atas X1 dan X2 yaitu Y = 81,793 + 0,046 X2., uji kelinieran persamaan regresi sederhana Y atas X1 dan X2 yaitu a = 79,308, b1 = 0,072, dan b2 = 0,017 Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) Fasilitas Belajar (X1) terhadap hasil belajar Pengukuran dasar survey (Y) yaitu rhit = 0,362 > rtab = 0,246 menunjukkan korelasi yang tidak berarti pada taraf signifikasi 5%. (2) Disiplin Belajar (X2) terhadap hasil belajar Pengukuran dasar survey (Y) menunjukkan tidak memiliki korelasi yang berarti pada taraf signifikasi 5% karena koefisien korelasinya bernilai positif dan lemah Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh tidak terdapat korelasi yang berarti antara Penggunaan fasilitas belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar mata kuliah pengukuran dasar survey
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 681.207 11 Sim h |
Keywords: | Fasilitas belajar; Disiplin belajar mahasiswa; Hasil belajar; Pengukuran dasar survey. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19113 |